Rabu, 21 Desember 2016

Banyak Teman, Belajar Menghargai Perbedaan

Edit Posted by with No comments


Banyak Teman, Belajar Menghargai Perbedaan

Hidup banyak teman memang terasa indah. Apalagi teman kita berasal dari berbagai daerah, yang mempunyai karakter yang berbeda. Melalui teman yang berbeda itulah, kita bisa belajar banyak hal. Mengenai tradisi, budaya, hingga bahasa. Hal ini sebenarnya bukanlah yang aneh, karena Indonesia memang terdiri dari banyak suku dan budaya. Wajar jika sekiranya kita mempunyai banyak teman dari berbagai daerah.
 Manusia selalu membutuhkan pertolongan antar sesama. Dalam Islam pun, kita juga dianjurkan untuk saling mengenal antar sesama. Karena Tuhan memang menciptakan manusia itu bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Artinya, tidak ada hal yang salah sebenarnya jika memperbanyak teman, tanpa mempermasalahkan perbedaan suku, agama ataupun budaya.
Keberagaman dalam lingkungan kita, merupakan realita sesungguhnya. Kondisi ini tidak bisa ditolak. Sebisa mungkin, bagi yang telah mempunyai anak, jelaskan realitas yang sesungguhnya ini kepada anak-anak kita. Hal ini penting agar anak-anak kita sudah terbiasa, dengan adanya perbedaan.
Dalam mencari teman pun, anak-anak juga akan terbiasa menyikapi keberagaman. Pendidikan keberagaman ini bertujuan untuk mengajarkan akhlak, untuk menjaga kemajemukan. Lagi-lagi ini penting, karena banyak kelompok tertentu yang menjadikan keberagaman sebagai pemicu konflik. Hal ini sebenarnya sangat bertolak belakang dengan yang diajarkan dalam Islam.
Seperti yang saya sebutkan diatas, Islam mengajarkan agar semua makhluk dimuka bumi ini untuk saling mengenal. Dengan saling mengenal, kita bisa memperkaya banyak hal. Selain memperbanyak teman, kita juga bisa memperbanyak informasi melalui teman yang banyak. Jadi memperbanyak teman akan membantu kita menyadari dan memahami banyak hal. Aneh kiranya, jika mengenal banyak orang yang diluar keyakinan kita, dianggap salah.
Dalam QS Al Hujarat ayat 13 disebutkan, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” Jelas sekali dalam Al Quran disebutkan, agar kisa saling mengenal antar sesama. Melalui banyak teman, kita juga bisa belajar mengenai toleransi.

0 komentar:

Posting Komentar