Rabu, 21 Desember 2016

Sebuah Perenungan akan Rahasia Tuhan

Edit Posted by with No comments


                    Sebuah Perenungan akan Rahasia Tuhan




“HIDUP YANG TAK DIRENUNGKAN TAK LAYAK UNTUK DIJALANI,” SOCRATES.

        Tulisan ini dikhususkan kepada anak muda untuk melakukan perenungan filsafat mengenai cinta dan hal-hal yang berhubungan dengan perasaan. Wabilkhusus untuk kelompok mahasiswa yang sedang ikhtiar mengejar cinta, tulisan ini akan membawa anda menuju alam pikiran yang jauh lebih cerdas dan berintelektual, meski dari hari ke hari anda selalu mengalami tekanan psikologis.

       Begini. Syarat utama yang harus ada dalam konsep cinta adalah subjek yang mencintai dan objek yang dicintai. Tidak ada proses mencinta yang tidak memiliki dua kutub ini. Dengan dua kutub ini, proses-proses kesadaran manusia akan cintanya diekspresikan melalui bahasa.

       Bahasa adalah simbol yang memungkinkan manusia mengambil jarak terhadap realitas termasuk realitas hati manusia itu sendiri. Artinya, manusia telah menjadikan bahasa tersebut sebagai suatu objek tersendiri. Oleh karena itu, intersubjektifitas manusia adalah ciri konstitutif dalam suatu bahasa. Dengan kata lain, bahasa di sini bukan hanya diartikan sebagai alat pemberian nama pada kenyataan saja, melainkan juga bahwa pemberian nama itu sendiri terjadi dalam interaksi yang menghasilkan konsensus dan konvensi...



0 komentar:

Posting Komentar