Sabtu, 31 Desember 2016

Ekspektasi dan Harapan

Edit Posted by with No comments


Ekspektasi dan harapan

Siapa saja boleh memilih untuk hidup menurut keinginannya, tidak ada yang melarang. Ego dan percaya diri bahwa kebebasan mampu membuat setiap orang bahagia, boleh saja dijadikan pegangan. Namun harus diakui, kadang cita dan keinginan harus kandas karna sebuah harapan yang terlalu dipaksakan.
Seperti kata Shakespeare, "Expectation is the root of all heartache". Harapan adalah akar dari semua sakit hati. Apakah memang demikian?
 Dalam bahasa inggris, kita dapat menerjemahkan harapan dari kata Hope dan expectation. Kedua kata ini kelihatannya sama, namun dalam pemahamannya adalah berbeda.
Hope dan expectation adalah dua kata yang sering membuat kita bingung karena kesamaan dalam konotasinya. Sebenarnya ada beberapa perbedaan antara kedua kata atau istilah tersebut.
Expectations sering dicirikan untuk sebuah keinginan yang tidak terpenuhi. Di sisi lain hope bukan tentang keinginan yang terpenuhi. Hope selalu mengenai sesuatu yang mungkin terjadi. Sedangkan Expectations lebih luas bahkan sebagian besar mengenai sesuatu yang tidak mungkin terjadi (sulit terjadi). Pemahaman ini paling tidak menurut ukuran kondisi seseorang pada saat ini terhadap sesuatu yang diinginkan dapat terjadi di masa depan. Ini adalah salah satu perbedaan utama dari keduanya.
 Hope adalah semua tentang imajinasi yang sangat mungkin terjadi sedangkan expectation sering menyangkut imajinasi yang berlebihan dan sulit terjadi. Expectations membuat anda seolah-olah dapat mengendalikan hidup anda karena gairah dan obsesi, sementara hope adalah chance (kesempatan) atau probabilitas dimana anda cenderung pasrah.
Expectation adalah pola pikir yang jauh lebih aktif bila dibandingkan dengan hope. Hal ini karena fakta menunjukan bahwa ketika anda berharap (hope) akan sesuatu, anda kadang lebih berserah diri pada takdir (destiny). Sedangkan dalam kasus Expectation, anda mengupayakan segala upaya untuk menggapai atau merealisasikannya.
 Pemikir berkeyakinan bahwa expectation kadang-kadang dapat disamakan dengan keadaan "berharap-harap cemas". Perbedaan penting lainnya antara hope dan expectation adalah bahwa expectation mungkin tidak realistis. Di sisi lain hope selalu tentang sesuatu yang realistis. Dalam pengertian ini terkadang Expectation seolah-olah merupakan wujud dari Fantasy atau Illusion. Expectation sering membawa kejutan., sedangkan Hope tidak selalu membawa kejutan. Hal ini karena Hope melihat suatu kenyataan dan berharap sesuatu darinya. Di sisi lain karena tidak adanya realitas dalam expectation, sering berakhir pada sebuah keheranan atau kejutan.
Hasil dair expectation sering membuat kekecewaan sedangkan hope tidak selalu mengakibatkan kekecewaan. Pikiran anda berada dalam keadaan atau kesiapan dalam hal hope. Di sisi lain pikiran anda tidak dalam keadaan siap untuk menerima kenyataan dalam hal expectation. Sehingga dengan demikian, apa yang dikatakan oleh Shakespeare, "Expectation is the root of all heartache", setidaknya dapat dipahami dengan jelas. Oleh karenanya, kita juga dapat menggunakan kata Expectation sebagai ekspektasi sedangkan Hope adalah harapan yang selama ini kita maksudkan untuk menunjukan harapan dalam pengertian sebenarnya.




0 komentar:

Posting Komentar