Sabtu, 17 Desember 2016

Pentingnya Pendidikan Tinggi Bagi Perempuan

Edit Posted by with No comments
                                         Pentingnya Pendidikan Tinggi Bagi Perempuan
      Pendidikan tinggi bagi seorang perempuan seringkali diabaikan. Karena pendidikan hingga bangku kuliah dianggap tidak terlalu menunjang kehidupan mereka di masa datang. Kodrat perempuan untuk menjadi seorang istri dan ibu dari anak-anaknya kelak menjadi alasan kuat mengapa pendidikan tinggi tidak menjadi prioritas mereka. Pemikiran seperti ini sangatlah sempit. Apalagi kehidupan didasa banyak sekali orang tua yang kurang mendukung apabila anak perempuanya memiliki pendidikan tinggi, banyak sekali orang2 yang berpendapat “ Buat apa perempuan sekolah tinggi-tinggi Toh akhirnya pegang Kompor, Tugas perempuan itu masak, macak dan Manak “. Tapi kenyataanya tidak seperti itu bahkan sangatlah penting seorang perempuan memiliki pendidikan yang tinggi karena tugas dari seorang perempuan yang akan menjadi ibu adalah mendidik dan mencerdaskan anaknya, jadi untuk mendidik anak dperlukan ilmu pengetahuan yang banyak juga. Jika Anda mau berpikir jauh di luar itu semua, maka ada banyak alasan kuat mengenai betapa pentingnya pendidikan tinggi bagi seorang perempuan. Berikut uraiannya.

1. Pengetahuan menentukan cara berpikir

         Pengetahuan yang dimiliki seseorang akan berpengaruh terhadap cara berpikir mereka dalam menyikapi setiap perubahan dan permasalahan hidup. Ya, mereka yang berpendidikan selalu mampu memandang positif dari setiap persoalan yang terjadi. Sehingga, menjadikannya lebih bijaksana diantara orang-orang yang berpikiran picik dan sempit.

2. Ilmu adalah harta paling berharga

          Ya, ilmu merupakan satu-satunya harta yang paling bermanfaat dan tidak akan pernah habis dimakan waktu. Jadi, tidak pernah ada kata sia-sia untuk sebuah pendidikan. Meskipun Anda tak berhasil menamatkan bangku kuliah dan menyandang gelar apapun. Pengalaman selama masa belajar tentu akan terasa luar biasa. Sadarilah, bahwa kelak kualitas pendidikan seorang ibu akan menentukan kualitas intelektual sang anak.

3. Mempermudah jalan menggapai cita-cita

          Setiap orang tentu punya impian. Dahulu, perempuan memang tak punya banyak kesempatan. Tapi kini zaman sudah berubah. Banyak profesi yang bisa diambil alih oleh perempuan. Pendidikan yang tinggi tentu akan mempermudah jalan mereka untuk menggapai cita-cita yang diinginkan.

4. Sebagai dasar untuk berkomunikasi dengan baik

     Tingkat intelektualitas Anda akan mempengaruhi cara Anda dalam menyampaikan suatu informasi.  Semakin luas wawasan dan pengetahuan yang dimiliki, maka semakin baik pula kemampuan berkomunikasi Anda. Keterampilan komunikasi ini sedikit banyak diperoleh dari lingkungan perguruan tinggi seiring dengan pengetahuan yang Anda peroleh saat menimba ilmu di sana.

5. Keterampilan untuk bertahan hidup 
      Lembaga pendidikan tak sekadar memberi ilmu-ilmu pasti namun juga mengajarkan keterampilan untuk bertahan hidup. Karena selama menimba ilmu, Anda dituntut menjadi orang yang aktif, berwawasan,produktif, rajin dan kerja keras untuk bisa meraih tujuan Anda. Kesemuanya akan mempermudah Anda untuk meraih sukses dalam berbagai bidang kehidupan.

6. Membangun hubungan sosial yang abadi

        Selama menimba ilmu di perguruan tinggi tentu Anda akan membangun hubungan sosial yang erat dengan orang-orang di lingkungan tersebut. Bagaimana tidak? Kala itu, sebagian besar waktu Anda dihabiskan bersama mereka yang memiliki kesamaan minat dan ambisi yang sama dengan Anda. Bahkan, meskipun sudah terpisah jarak dan waktu, hubungan tersebut akan terus dibina seumur hidup.

7. Membentuk kepribadian

       Lembaga pendidikan tinggi tak hanya mengajarkan banyak hal namun juga mampu membentuk kepribadian seseorang. Selama dibangku kuliah Anda akan melalui sejumlah proses untuk mencapai tujuan yang dinginkan yakni gelar akademik. Proses itulah yang membentuk watak kepribadian Anda. Dari sini Anda akan memahami bahwa semua dalam hidup butuh proses.

       Lulusan perguruan tinggi memang tidak menjamin seseorang sukses di kemudian hari. Karena masih banyak faktor sukses selain pendidikan. Namun, mereka yang mengeyam pendidikan tinggi akan memiliki nilai tambah dibanding perempuan lain.


0 komentar:

Posting Komentar